Gaji Kades Tetap Rp 3 Juta

Gaji Kades Tetap Rp 3 Juta

\"Seluma\"TAIS, Bengkulu Ekspress - Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH menegaskan, gaji kepala desa (kades) di Kabupaten Seluma saat ini masih yang tertinggi di Provinsi Bengkulu. Setiap bulannya kades di Seluma mendapatkan gaji Rp 3 juta. Untuk itu, di tahun 2017 ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) belum menaikkan gaji seluruh kades tersebut. Gaji kades tetap Rp 3 juta.

“Belum ada kenaikan gaji untuk 2017. Karena gaji kades di Kabupaten Seluma termasuk yang tertinggi,\'\' kata bupati saat diwawancarai Bengkulu Ekspress kemarin (10/1)

Bupati meminta kades bersabar. Karena tidak menutup kemungkinan 2018 gaji mereka bakal naik. Kenaikannya melihat kondisi keuangan daerah terlebih dahulu.

Menurutnya, yang terpenting kades harus bisa dan mampu bekerja dengan baik. Bahkan kades harus bekerja 24 jam melayani masyarakat di Kabupaten Seluma.

Disisi lain bupati mengatakan, pada 2017 ini, dana desa (DD) sudah meningkat, totalnya Rp 139 miliar. Dengan peningkatan ini seluruh desa harus mampu membangun sarana infratstruktur. Pembangunannya tetap melibatkan masyarakat.

“Apapun kegiatan yang direncanakan dan dikerjakan menggunakan DD harus selalu melibatkan masyarakat dan harus selalu dimusyawarahkan, sehingga bisa menampung aspirasi langsung dari masyarakat. Selain mendapatkan DD, seluruh desa juga mendapatkan ADD pada 2017 ini.,” tegasnya lagi.

Jika dihitung-hitung seluruh desa memperoleh anggaran rata-rata Rp 800 juta per desa. Bahkan beberapa desa ada yang mendapatkan lebih dari itu. Ditambah anggaran yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten khusus untuk kelurahan dengan jumlah masing-masingnya Rp 300 juta selama setahun.

Besarnya DD dan ADD itu harus digunakan untuk membangun desa, agar pembangunan desa berjalan lancar tentunya kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan warga harus akur. Jika tidak akur, maka perencanaan dan pemanfaatan anggaran bisa berdampak buruk dan sangat merugikan masyarakat.

“Pembangunan dan mengejar ketertinggalan tujuan utama kita. Jangan sampai pembangunan terhalang dengan adanya konflik ini,” tegasnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: